Dec 30, 2012

30 Desember 2012

Saya belajar bersyukur lebih banyak dari biasanya, beberapa hari ini.
Jangan sampai terlambat lagi. Sebelum semua nikmat itu hilang, lalu menyesal karna telat bersyukurnya. Walaupun sebenernya mah gak ada kata terlambat buat mensyukuri nikmat, tapi kok dalam hati berasa ada yang nyindir "Halaaah kalo udah susah aja, baru inget." :'|

Saya hampir seringkali lalai mensyukuri nikmat listrik di rumah, karna toh di rumah saya yang notabene milik perusahaan tempat ayah kerja ini, listriknya gratis. Hampir jarang sekali ada pemadaman bergilir, yang bikin setrikaan mesti buru-buru dikelarin, masak buru-buru, makanan di kulkas diabis-abisin, ngecas hape di full-full-in semua, dll. 

Pernah sih, dulu, duluuuuu banget jaman saya SD, hampir 10 tahun yang lalu, ada pemadaman seminggu full karna kilang minyaknya meleduk, aktivitas di pabrik terhambat, dan listrik di perumahan semua dipadamkan lalu dialihkan untuk pemulihan pabrik. Saya waktu itu ngerasain banget turun sekolah bajunya gak disetrika, kumel, kucel, tapi santai aja wong sekelas, bahkan hampir satu sekolah bajunya kucel gak sempet disetrika. Sekolah saya muridnya anak komplek juga sih. Hehehe. 

Dan kemarin saya rasakan lagi. tiba-tiba listrik mati waktu saya baca qur'an, abis solat subuh. Allah, begitu rupanya. Kapanpun Engkau mau, segala kenikmatan bisa musnah. Secepat itu. Semudah itu. 
Lalu bagaimana dengan mereka di pelosok Indonesia entah bagian mana, yang sampai usianya kini belum pernah merasakan kehadiran listrik? Lalu bagaimana dengan mereka di Gaza, yang jangankan listrik, saat mengaji pun desing peluru mondar-mandir di atas atap rumahnya?

Subuh kali itu begitu senyap bagiku, baru kali itu, aku mengaji disinari lampu senter. 

Terimakasih atas segalanya, Allah. Atas nikmat sehat yang kau berikan, padaku, pada Ayah, pada Mamah, pada Jajang, pada Athaa, untuk listrik gratismu selama hampir 16 tahun tinggal di rumah ini. Terimakasih atas pemadaman listrik subuh kali itu, yang walaupun gak nyampe 10 menit, tapi buat aku mengerti damainya hati dalam hamdalah. Alhamdulillah :')

No comments:

Post a Comment